Standarisasi Ruang Server: Keamanan dan Kontrol Suhu Tingkat Tinggi

Standarisasi ruang server adalah upaya manajemen sistem keamanan gedung yang SECOM tawarkan kepada Anda. Seperti yang Anda ketahui, server adalah tempat untuk menyimpan data berukuran besar. Sehingga, aksesibilitas data menuntut sistem keamanan gedung yang terjamin.

Selain itu, masih banyak aspek lain yang juga wajib menjadi perhatian. Kalau Anda penasaran dengan Standard Operating Procedure (SOP) gedung server, silahkan simak ulasan di bawah ini!

2 Aspek Penting dalam Standarisasi Ruang Server

Standarisasi ruang server memerlukan kombinasi berbagai faktor. Beberapa hal utama yang harus Anda ketahui terkait pengelolaan ruang server adalah:

1. Pengaturan Suhu Ruangan

Sebuah server terdiri dari banyak perangkat. Mulai dari komputer, sumber daya listrik, perangkat jaringan, dan masih banyak lagi. Karena menjalankan tugas yang terbilang berat dan beroperasi dalam durasi panjang, resiko overheat sangatlah besar.

Untuk itu, pengelola perlu mencegah terjadinya kerusakan perangkat dan kegagalan server akibat suhu yang terlalu tinggi. Sistem pengaturan suhu pun menjadi bagian dari standarisasi ruang server yang sifatnya mutlak. Contoh implementasi kontrol suhu ruangan server ialah:

  • Lantai menggunakan raised floor tahan api dengan kemampuan menyalurkan suhu dingin.
  • Sistem pendingin utama mengandalkan standing AC. Blower diletakkan di bagian bawah, agar mampu mengalirkan suhu lewat raised floor.
  • Sistem pendingin pendukung menggunakan AC split.
  • Cadangan AC harus selalu tersedia untuk mengantisipasi kerusakan sewaktu-waktu.
  • Kontrol dan pengawasan suhu bisa dilakukan dari luar ruangan.

Menjaga suhu ruangan server agar tetap ideal bukanlah hal yang mudah. Itulah mengapa langkah-langkah di atas menjadi standar wajib bagi setiap pengelola.

2. Keamanan Gedung Server

Karena menjadi lokasi penyimpanan data penting, penjagaan gedung server harus dilakukan seketat mungkin. Akses keluar-masuk harus benar-benar dalam pengawasan, bahkan untuk karyawan sekalipun. Beberapa langkah standarisasi ruang server dari segi keamanan ialah:

  • Pintu masuk ruang server menggunakan deteksi sidik jadi (fingerprint). Selain untuk mengatur hak akses, hal ini juga memudahkan review berkala oleh pengelola.
  • Pemasangan CCTV di dalam dan luar ruangan. CCTV sebaiknya memiliki fitur pengamanan ekstra, seperti infra merah, sensitivitas tinggi, alarm otomatis, dan lain sebagainya.
  • Buku log berisi informasi tentang siapa saja yang keluar-masuk ruangan. Lengkap dengan tanggal, jam, keperluan, dan keterangan lainnya.
  • Tidak ada yang boleh memasuki ruangan tanpa izin tertulis atau tanda tangan dari penanggung jawab.

Tingginya standar keamanan gedung server bertujuan untuk melindungi data dari tangan yang tidak bertanggung jawab. Hari ini, data adalah komoditas yang berharga. Karena itulah, pengamanan data server juga harus benar-benar ketat.

Upgrade Standarisasi Ruang Server Anda dengan Teknologi Terbaru!

Mendisiplinkan personel di kawasan gedung server adalah hal wajib. Walaupun begitu, kontrol dan pengawasan dengan alat bantu digital tetap lebih efektif. Coba cari informasi tentang inovasi terbaru berkaitan dengan penjagaan gedung server. Kemudian, terapkan standarisasi ruang server dengan lebih baik dari sekarang!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Solusinya Mengelola Bisnis Retail, Aplikasi Kasir Olsera Jawabannya

Software kasir yang mempunyai kemudahan dalam mencatat penjualan. Kelebihan yang lain, yaitu terdapat fasilitas gratis tanpa adanya batasan penggunaan.  Dengan adanya aplikasi ini, maka akan mempermudahkan para pelaku usaha dalam mengelola keuangannya. Inilah solusi dari segala macam bisnis untuk Anda.  Nah, seperti apa fitur yang dimilikinya? Segera simak selengkapnya. Aplikasi Yang Sangat Sesuai Untuk Usaha […]

Read More
Bisnis

Rekomendasi Aplikasi UMKM Indonesia Terbaik

Kemajuan teknologi sudah merambah dunia usaha, ditandai dengan munculnya berbagai aplikasi UMKM Indonesia yang semakin memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. Aplikasi UMKM Indonesia membuka peluang seluas-luasnya bagi usaha Anda untuk maju dan berkembang pesat karena mampu menjangkau konsumen lebih banyak lagi. Tidak perlu khawatir, aplikasi untuk UMKM sengaja didesain ramah, mudah digunakan, dan juga […]

Read More
Bisnis

Aplikasi Kasir Android Terbaik untuk UMKM Kuliner

Bisnis kulineran saat ini memang semakin merebak. Sejauh mata memandang memang banyak sekali kulineran yang bertebaran. Namun untuk meningkatkan penjualan, tentunya harus ada trik-trik marketing untuk meningkatkan penjualan. Untuk memudahkan dalam penghitungan, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir Android Mokapos. Dengan demikian tanpa harus menggunakan banyak mesin tetap dapat mencetak struk dan juga mengelola penjualan dengan […]

Read More