Say No To Golput! Ini Dia Dampak Negatif Melakukannya

Apa itu golput

Pesta rakyat pemilihan umum akan serentak dilaksanakan pada tahun 2024 nanti. Namun kesempatan berharga sebagai warga negara Indonesia yang memiliki hak untuk memilih, belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik. Fenomena Golput tentunya tidak asing terjadi di masyarakat. Apa itu golput? Golput merupakan golongan putih. yakni golongan masyarakat yang memilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya. Padahal satu surat suara sangat menentukan nasib 5 tahun ke depan. Untuk itu, yuk, cari tahu dampak negatif jika melakukan golput.

1. Merugikan Negara

Dampak negatif jika melakukan Golput yang pertama ialah dapat merugikan negara. Dalam melaksanakan Pemilu pemerintah menyediakan tempat pemungutan suara serta alat-alat dan administratif yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan seringkali pemerintah pusat menyediakan backup surat suara banyak untuk masyarakat yang belum melaksanakan pemilihan pencoblosan suara. Belum lagi ditambah peralatan seperti kertas, alat tulis, serta biaya pendistribusian kotak suara ke seluruh daerah di Indonesia yang memiliki peranan penting.

Jika kamu memutuskan untuk Golput maka sama saja kamu membuang-buang atau menyia-nyiakan biaya yang telah dikeluarkan oleh negara. Hal ini tentu saja membuat negara rugi.

2. Menghambat Proyek Pembangunan Pemerintah

Dampak negatif melakukan Golput selanjutnya ialah menghambat proyek pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Misalnya pemerintah sudah menawarkan berbagai macam program pembangunan untuk memajukan negara. Namun jika minat masyarakat menurun akibat golput, maka program tersebut bisa saja dihapus dan tidak berjalan.

Dampak Golput terlihat sangat jelas jika banyak orang yang mengkritik kinerja program pemerintah, serta menggaungkan rasa ketidakadilan namun mereka tidak ikut memilih. Mereka yang hanya sibuk mengomentari saja, seharusnya dapat memanfaatkan hak pilih mereka dengan baik.

3. Memicu Gerakan Radikal

Tidak dapat dipungkiri bahwa dampak negatif Golput juga memicu gerakan radikal. Kelompok yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu dapat membentuk suatu kelompok yang berpotensi melakukan sabotase terhadap kinerja pemerintahan. Akibat pudarnya demokrasi maka timbulah kelompok yang memiliki kepentingan tertentu, dan menentang paham lainnya yang bertentangan. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena dengan timbulnya organisasi-organisasi yang memiliki pemahaman tertentu dapat memecah belah bangsa. Selain itu konflik horizontal dan konflik antar agama dapat tuterjadi.

4. Tidak Memanfaatkan Hak Suara

Dampak melakukan Golput selanjutnya ialah kehilangan hak untuk memilih. Padahal hak untuk memilih merupakan penghargaan negara terhadap individu sebagai bagian dari rakyat Indonesia sendiri. Padahal mengikuti pemilu merupakan salah satu kontribusi kita terhadap kemajuan bangsa. Kewajiban kita sebagai rakyat dari suatu negara yang menjalankan sistem demokrasi. Namun jika kita membiarkan saja hak pemilihan ini dan memilih untuk Golput, maka bisa dibilang kita bukan merupakan bagian dari negara lagi. Dengan mengikuti pemilu kita dapat mengganti pemimpin yang lama dengan yang baru dan mengganti keadaan pada pemerintaham ya lama untuk lebih baik lagi kedepannya.

5. Demokrasi Pudar

Seperti yang kita ketahui bahwa Pemilu merupakan bagian dari demokrasi itu sendiri. Di mana rakyat diberikan kebebasan sepenuhnya untuk memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani mereka tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Bayangkan jika banyak yang memilih untuk golput dan menyebar ke mana-mana, maka dipastikan rakyat Indonesia mengalami krisis identitas. Masyarakat Indonesia tidak menerapkan lagi adanya demokrasi dalam kehidupan mereka, padahal mereka merupakan rakyat yang menganut sistem negara demokrasi.

Demikian beberapa dampak negatif golput yang tidak hanya akan menyebabkan kerugian atau berdampak pada diri sendiri namun berdampak pada negara dan kemajuan bangsa.

Karena itu, say no to golput! Ayo kita semua memilih pemimpin dan wakil pemimpin untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Agar dapat memilih dengan bijak, yuk, bekali diri dengan informasi yang lebih lengkap mengenai politik berintegritas pada website ACLC KPK. Dengan begitu, kita jadi bisa memilih wakil rakyat yang terbaik dan tentunya bebas korupsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah dijual di Bekasi
Lifestyle

Cari Rumah di Bekasi? Pertimbangkan 5 Hal Ini!

Cari rumah dijual di Bekasi? Menemukan rumah impian bukanlah perkara mudah. Harus banyak pertimbangan yang diambil serta kita perlu memastikan berbagai hal sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Entah itu di Bekasi atau mencari rumah dijual di Bintaro, ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan. Itu karena membeli rumah merupakan langkah besar dalam hidup seseorang. […]

Read More
PAFI Tebing Tinggi
Lifestyle

PAFI Tebing Tinggi: Menguatkan Profesi dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan organisasi yang mengemban peran penting dalam mengayomi dan memperjuangkan kepentingan para ahli farmasi di Indonesia. PAFI Tebing Tinggi adalah salah satu cabang yang aktif dalam menjalankan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan anggotanya. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang peran dan kontribusi PAFI, khususnya PAFI Tebing […]

Read More
Desain rumah minimalis elegan
Lifestyle

Tips Desain Agar Mendapatkan Sensasi Mewah di Rumah Mungil

Desain rumah minimalis elegan telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, tidak hanya karena tampilannya yang simpel dan modern, tetapi juga kemampuannya untuk menciptakan nuansa mewah di ruang yang terbatas. Rumah mungil dengan desain elegan bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki hunian dengan tampilan yang berkelas namun tetap fungsional. Berikut beberapa tips untuk […]

Read More