Drama MotoGP Prancis 2021 – Kecelakaan Horor Marquez, Dominasi Rider Tuan Rumah & Penalti Miller

Sejumlah drama terjadi sepanjang race MotoGP Prancis 2021, Minggu (16/5/2021) malam WIB. Jack Miller dari Ducati berhasil merengkuh podium utama pada MotoGP Prancis 2021 yang berlangsung di Sirkuit Le Mans. Torehan ini membuat pembalap asal Australia ini sukses membukukan back to back podium utama.

Sebelumnya, rekan senegara Casey Stoner ini meraih capaian serupa pada seri MotoGP Spanyol 2021. Posisi kedua diikuti oleh Johann Zarco (Pramac Ducati), sedangkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) melengkapi rider yang berhak naik podium tiga besar. Terlepas dari hasil tersebut, sejumlah drama menarik tersaji pada seri ke 5 MotoGP 2021.

Marc Marquez sempat memimpin jalannya balapan ketika mayoritas pembalap berbondong bondong kembali ke pit untuk mengganti motor. Pemilihan ban Marquez yang tepat membuatnya tetap melaju saat race diguyur hujan. Namun sayang, The Baby Alien yang terlalu memaksakan diri untuk tancap gas justru mengalami kecelakaan pada lap ke 7.

Ia gagal mengendalikan RC213V yang berimbas ia terpelanting dari kuda besinya tersebut. Setidaknya ada dua pembalap asal Prancis yang tampil gemilang saat balapan berlangsung di 'kampung halamannya'. Johann Zarco dan Fabio Quaratararo merupakan pembalap berpaspor Prancis.

Keduanya sukses menduduki posisi tiga besar pada seri kali ini. Kejadian unik menimpa Jack Miller yang mampu menjadi juara pada seri MotoGP Prancis 2021. Ketika ia akan kembali ke pit, terdapat area yang ditekankan untuik mengurang kecepatan motor.

Saat itu di sisi kanan jelas ada limit dari speed yakni 60km/jam. Namun Miller memasuki pit ketika kecepatan masih di atas 60km/jam. Walhasil Miller kena hukuman dari otoritas keaaman race MotoGP 2021 untuk melakukan long lap penalti.

1. J. MILLER 2. j. ZARCO 3. F. QUARTARARO

4. F. BAGNAIA 5. D. PETRUCCI 6. A. MARQUEZ

7. T. NAKAGAMI 8. P. ESPARGARO 9. I. LECUONA

10. M. Vinales Balapan dimulai dengan Jack Miller yang langsung tancap gas mengambil alih posisi paling depan. Fabio Quartararo yang pada sesi kualifikasi mampu mencatatkan pole position berada di urutan ketiga.

Sedangkan Maverick Vinales berada di urutan kedua memberikan tekanan kepada Jack Miller. Memasuki lap pertama dari 27 putaran yang ditentukan, Vinales mengambil alih posisi Jack Miller melalui aksi over take nya. Sedangkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang pada awal awal balapans empat tampil menyodok ke baris ke 4, perlahan mulai menurun.

The Baby Alien saat ini menduduki tangga keenam. Persaingan sengit terjadi antara Jack Miller, Quartararo dan Vinales untuk perebutan posisi pertama. Memasuki putaran ketiga, balapan berlangsung wet race alias lintasan basah.

Paddock tim tim yang berlaga di MotoGP Prancis 2021 sudah menyiapkan sejumlah 'kuda besi' untuk digunakan oleh rider mereka. Persaingan untuk baris depan mengalami perubahan ketika lap ke 4. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang memilih untuk kembali ke pit untuk mengganti motornya.

Imbas dari wet race mulai nampak pada Jack Miller yang kesulitan untuk mengendalikan Desmosedici. Marc Marquez tetap melanjutkan balapan ketika hampir semua rider mengambil opsi untuk kembali ke pit. Pergantian motor yang dilakukan oleh para pembalap kali ini dikenal dengan flag to flag.

Fenomena ini dilakukan ketika balapan yang semula berlangsung dalam kondisi kering berubah menjadi basah atau sebaliknya. Memasuki lap ke 6, Marc Marquez masih menjadi yang terdepan diikuti oleh Fabio Quartararo (2) dan Jack Miller (3). Memasuki lap ke 7, Marc Marquez gagal mengandalikan RC213V. Imbasnya, ia kembali kecelakaan pada turn 14.

Kecelakaan The Baby Alien membuat Fabio Quartararo mengambil alih posisi pertama. Memasuki lap ke 11, jack Miller berhasil mengambil alih podidi pertama dari Fabio Quartararo. Kecepatan yang dimiliki oleh Desmosedici jauh lebih baik ketimbang M1 Yamaha dalam lintasan lurus.

Posisi ketiga sementara menjadi milik dari rider LCR Honda, Takaaki Nakagami. Ketika balapan menyisakan 13 putaran lagi, persaingan untuk perebutan posisi tiga berlangsung sengit. Johann Zarco yang menggunakan Desmosedici memberikan tekanan hebat kepada Takaaki Nakagami,

Hasilnya, Nakagami tak bisa mempertahankan posisinya yang diambil alih Johann Zarco. Alex Marquez yang berada di posisi kelima mulai mengincar urutan keempat yang menjadi milik Takaaki Nakagami. Duel untuk posisi empat terjadi antara dua pembalap yang bernaung di bawah bendera LCR Honda.

Marc Marquez kembali mengalami kecelakaan pada turn 6 lap ke 17. Ia akhirnya memutuskan untuk mengakhiri balapan tanpa menyentuh garis finis. Hingga balapan usai, psosii pertama menjadi kepemilikan Jack Miller.

Diikuti Johann Zarco dan Fabio Quartararo di urutan dua dan tiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sport

Pengertian Slipstream dalam Balap MotoGP, Taktik ‘Kotor’ yang Rawan Bikin Marquez Kena Sanksi

Kata 'Slipstream' kembali mencuat ke permukaan setelah seri MotoGP Italia 2021. Slipstream kembali populer setelah sesi Kualifikasi MotoGP Italia yang melibatkan Maverick Vinales dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, Sabtu (29/5/2021) The Baby Alien julukan Marc Marquez menerapkan strategi kontroversial demi bisa menyaingi waktu Top Gun julukan Vinales . Ya, Marquez melaju di belakang Vinales […]

Read More