Cara Mengatasi Bullying

Perilaku bullying ini kerap kali terjadi di sekolah, dan korban lebih banyak diam demi menghindari masalah. Dalam salah satu artikel terbaru blog Mamikos, dibahas beberapa tips mengatasi bullying agar tidak terus berkelanjutan. Sehingga korban tidak lagi merasa tertekan. 

5 Cara Mengatasi Bullying

Penindasan atau aksi bully di lingkungan sekolah tidak hanya berupa tindakan fisik. Namun bisa juga dalam bentuk verbal atau menjurus ke psikologi korban. Pelaku sendiri melakukannya dengan senang hati, karena merasa berkuasa. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Berikut cara yang bisa diterapkan. 

Menegaskan Perilaku yang Salah

Pelaku bullying kerap kali merasa tindakan mereka benar karena tidak ada orang yang menegurnya selama ini. Teguran dari guru atau kepala sekolah, biasanya cukup ampuh untuk menghentikan kebiasaan buruk menindas orang lain. 

Mencari Tahu Alasan Pelaku 

Saat mengingatkan, guru juga bisa mencari tahu latar belakang kenapa pelaku melakukan aksi bullying tersebut. Terkadang alasan mereka melakukan hal semacam itu karena merasa kurang mendapat perhatian dari keluarga. Bisa juga karena pernah menjadi korban bullying pula. 

Dampingi  Korban

Bantu korban untuk membela diri sendiri. Dimulai dengan menyatakan secara jujur perasaannya, seperti tidak ingin diperlakukan seenaknya oleh pelaku. Korban juga harus berani bersikap tegas agar tidak terus ditindas oleh pelaku maupun orang lain. 

Menunjukkan Empati

Daripada marah dan menegur secara keras. Menunjukkan empati dan kasih sayang pada pelaku, lebih bisa mengetuk perasaan pelaku. Guru juga bisa menggambarkan perasaan korban yang selama ini sering mereka tindas. 

Minta Maaf

Setelah ditegur, pelaku tetap harus meminta maaf kepada korban bullying. Jika ada barang yang rusak karena aksi mereka, harus segera diganti. Serta membantu korban agar tumbuh kembali rasa percaya dirinya. 

Cari Bantuan

Jika pelaku masih melakukan aksi bullying, maka Anda bisa minta bantuan kepada pihak lain yang lebih kompeten. Misalnya psikologi atau dinas sosial. Agar permasalahan itu segera selesai. 

Masih ada beberapa cara lain untuk mengatasi bullying di sekolah dari artikel terbaru blog Mamikos. Anda dapat membacanya lebih lanjut di sini http://mamikos.com/info/artikel-terbaru/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah dijual di Bekasi
Lifestyle

Cari Rumah di Bekasi? Pertimbangkan 5 Hal Ini!

Cari rumah dijual di Bekasi? Menemukan rumah impian bukanlah perkara mudah. Harus banyak pertimbangan yang diambil serta kita perlu memastikan berbagai hal sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Entah itu di Bekasi atau mencari rumah dijual di Bintaro, ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan. Itu karena membeli rumah merupakan langkah besar dalam hidup seseorang. […]

Read More
PAFI Tebing Tinggi
Lifestyle

PAFI Tebing Tinggi: Menguatkan Profesi dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan organisasi yang mengemban peran penting dalam mengayomi dan memperjuangkan kepentingan para ahli farmasi di Indonesia. PAFI Tebing Tinggi adalah salah satu cabang yang aktif dalam menjalankan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan anggotanya. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang peran dan kontribusi PAFI, khususnya PAFI Tebing […]

Read More
Desain rumah minimalis elegan
Lifestyle

Tips Desain Agar Mendapatkan Sensasi Mewah di Rumah Mungil

Desain rumah minimalis elegan telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, tidak hanya karena tampilannya yang simpel dan modern, tetapi juga kemampuannya untuk menciptakan nuansa mewah di ruang yang terbatas. Rumah mungil dengan desain elegan bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki hunian dengan tampilan yang berkelas namun tetap fungsional. Berikut beberapa tips untuk […]

Read More