Apa Itu Teknik Veneer Gigi yang Jadi Tren Kalangan Wanita

Veneer gigi adalah salah satu tren kecantikan yang sedang ramai digandrungi para wanita. Veneer gigi dipercaya bisa memperbaiki struktur gigi dan penampilan anda ketika tersenyum. Berupa cangkang tipis yang digunakan untuk melapisi bagian depan gigi, cangkang tersebut dibentuk menyerupai bentuk gigi asli.

Apa saja yang perlu dikenal dari veneer gigi?

Veneer gigi mempunyai tujuan untuk memperindah gigi dengan cara menutupi kekurangan pada bentuk gigi dan warnanya. Bahan yang digunakan dalam proses ini bermacam-macam, karena ada yang terbuat dari porselen dan ada yang terbuat dari komposit.

Veneer dengan bahan porselen sering sekali menjadi pilihan, karena cenderung lebih awet. Dengan bahan porselen tentu warna putih tidak akan terlalu mencolok. Biasanya veneer dibuat oleh laboratorium, sedangkan dengan bahan komposit akan dikerjakan sendiri oleh dokter tanpa menggunakan laboratorium.

Perlu diketahui bahwa biaya perawatan akan disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan. Selain itu, biaya perawatan juga disesuaikan dengan jumlah gigi yang akan dipasang veneer nantinya.

Waktu Veneer Gigi Bertahan

Veneer gigi mempunyai keunggulan dan kekurangan, karena biasanya bahan komposit lebih murah dan mudah dibuat. Adapun apabila anda memilih bahan komposit, tentu persiapan pemasangannya juga lebih sedikit. Veneer komposit tentu berbeda dengan veneer dengan bahan porselen.

Veneer dengan bahan porselen membutuhkan persiapan yang jauh lebih banyak. Walaupun demikian, tentu akan bergantung pada kondisi gigi pasien serta kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh klinik dan laboratorium. Veneer Gigi dengan bahan komposit tentu tidak akan sekuat bahan porselen.

Veneer Gigi dengan bahan komposit akan jauh lebih mudah pecah dan tidak bertahan lama seperti bahan porselin. Adapun perubahan warnanya juga membuat kualitas menurun, terlebih apabila pasien sering sekali mengkonsumsi minuman seperti kopi atau merokok.

Veneer komposit adalah bahan yang hanya bertahan selama 3 sampai 5 tahun atau 7 tahun apabila dirawat dengan baik. Apabila anda ingin memasang veneer yang lebih tahan lama, maka anda bisa memilih bahan porselin yang bisa dijadikan pilihan yang sangat tepat.

Veneer Gigi porselen adalah veneer yang bisa bertahan 10 sampai 15 tahun lamanya. Bahkan pada beberapa orang tentu mempunyai veneer yang bisa bertahan hingga 25 tahun. Tampilan yang dihasilkan juga lebih alami dan mampu menangkal noda lebih baik.

Walaupun begitu, tentu tidak ada jaminan veneer gigi yang anda miliki bisa bertahan tanpa pecah sama sekali. Sebab, ketahanan veneer bergantung pada cara anda merawatnya dan seberapa rutin Anda memeriksa kondisi veneer  tersebut ke dokter gigi.

Sebagai solusi utama, tentu dokter akan menyarankan pasien agar membuat night guard terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan veneer.

Manfaat Veneer Gigi

Veneer gigi bisa membuat tampilan gigi lebih putih, dan sangat bermanfaat untuk mengatasi diskolorasi gigi yang tidak bisa diperbaiki dengan bleaching. Misalnya diskolarasi tersebut karena fluorisis atau pemakaian obat seperti tetrasiklin yang meninggalkan noda.

Veneer gigi juga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda yang mempunyai gigi patah atau retak, mal posisi gigi yang ringan, dan bentuk gigi yang abnormal. Tentu veneer gigi tidak sama dengan prosedur implan gigi atau pemasangan mahkota gigi tiruan.

Sebab, veneer gigi bisa menutupi permukaan pada gigi sementara implan akan menggantikan gigi yang sudah lepas. Perlu diketahui, bahwa tidak semua orang bisa melakukan veneer, karena beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk melakukan prosedur ini adalah orang dengan gangguan tidur dan tidak bersedia membuat night guard.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Lifestyle

Ciri Sepatu Puma Original Yang Perlu Diketahui

Tanda-tanda sebuah sepatu Puma yang asli akan tampak sangat jelas dan dapat anda kaji secara gampang.¬† Hal itu akan sangat bermanfaat bagi anda dalam mencegah terjadinya kerugian yang ditimbulkan dari sejumlah oknum tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan menjual barang sepatu Puma yang palsu. Oleh karenanya, akan sangat bermanfaat jika anda bersikap teliti dalam […]

Read More
Lifestyle

Apa itu self healing? Kenali Teknik dan Cara Melakukannya

Apa itu self healing? Self healing adalah proses yang memakan banyak waktu, untuk itu Anda harus menyediakan waktu sebanyak-banyaknya. Agar mendapat manfaatnya, setidaknya Anda harus fokus dan mengikuti setiap langkah kegiatan pemulihan diri secara rutin. Apa itu self healing? Bagaimana Teknik dan Cara Melakukannya? Self healing mungkin sulit untuk dilakukan, namun pikirkanlah khasiat yang dijamin […]

Read More
Lifestyle

Cara Sederhana Melewati Masa Putus Cinta

Patah hati memang biasa, dirasakan setelah putus cinta. Perasaan sedih, kecewa, marah, bahkan kesepian tentunya akan meliputi perasaan ketika Anda ditinggalkan atau dikecewakan oleh pasangan. Namun, jika dibiarkan terlalu lama, patah hati bisa memicu masalah kesehatan mental, seperti depresi. Mengingat betapa indahnya saat berpacaran dan mengingat sekarang bahwa Anda tidak lagi bersamanya adalah hal yang […]

Read More