Apa itu self healing? Kenali Teknik dan Cara Melakukannya

Apa itu self healing? Self healing adalah proses yang memakan banyak waktu, untuk itu Anda harus menyediakan waktu sebanyak-banyaknya. Agar mendapat manfaatnya, setidaknya Anda harus fokus dan mengikuti setiap langkah kegiatan pemulihan diri secara rutin.

Apa itu self healing? Bagaimana Teknik dan Cara Melakukannya?

Self healing mungkin sulit untuk dilakukan, namun pikirkanlah khasiat yang dijamin akan muncul ketika anda menguasainya secara teratur. Caranya sangat mudah, Anda bisa melakukan latihan rutin ia menghasilkan perubahan jangka panjang kebugaran emosional.

Dengan perubahan jangka panjang kebugaran emosional, akan melahirkan kebahagiaan dan kesejahteraan kondisi mental.

Teknik Self Healing

self compassion

Self healing pertama adalah self compassion, yang merupakan teknik pertama yang bisa anda manfaatkan. Seperti yang kita ketahui, bahwa kita selalu keras pada diri kita sendiri dibanding dengan orang lain. Kemarahan yang kita alami disebabkan karena tidak mampu mengatasi kegagalan.

Apabila anda sering sekali merasa ekstra keras pada diri sendiri, maka anda hanya memperburuk kondisi kesehatan tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, anda harus melakukan self compassion, yang merupakan salah satu cara jitu untuk keperluan penyembuhan diri yang paling terbaik.

Acuan self compassion adalah memberi belas kasih yang sama pada diri sendiri seperti yang Anda berikan kepada orang lain. Belas kasih yang anda berikan tersebut berarti, karena anda harus menyadari bahwa kondisi emosional anda sedang tidak baik sehingga harus disemangati.

Sebagai pemilik diri Anda sendiri, Anda harus menyadari dan tergerak oleh kondisi buruk serta mulai memberi apresiasi untuk diri sendiri. Cara tersebut sangat baik, sehingga Anda bisa merasakan kehangatan dan keinginan untuk membantu diri sendiri.

Perbaiki Kualitas Tidur

Teknik self healing selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memperbaiki kualitas tidur yang anda miliki. Sering kali, Anda bekerja begadang dan bangun pagi serta memaksakan diri agar tetap terjaga walau lelah. Agar anda berhasil memulihkan kesehatan sendiri, maka memprioritaskan menyelesaikan pekerjaan ekstra atau pergi berolahraga daripada tidur adalah hal yang harus dihindari.

Kerja ekstra dan olahraga berlebihan hanya akan memperparah kondisi emosional yang anda miliki. Untuk itu, jika anda ingin memperbaiki kondisi mental dan tubuh, maka anda harus memperbaiki kualitas dan jadwal waktu tidur yang anda miliki.

Menarik Napas Dalam

Teknik bernapas dalam adalah teknik yang bisa anda ikuti secara rutin. Caranya adalah dengan mengambil tarikan nafas yang dalam, tarikan nafas yang dalam ini bisa membantu menenangkan respon simpatik. Sehingga anda secara otomatis akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Sistem saraf yang telah anda aktifkan tersebut akan bertanggung jawab untuk menenangkan diri sendiri. Selain itu, saraf ini juga membantu anda kembali ke keadaan yang tidak terlalu menekan. Cara mengaktifkan sistem saraf ini adalah cara yang paling mudah, karena pernapasan terkontrol dari dalam.

Metode menarik napas dalam dan membuang markas panjang juga terbukti ampuh untuk menurunkan kecemasan yang anda miliki.

Cara Melakukan Self Healing

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk self healing. Salah satunya adalah me time, me Time sangat berguna untuk anda sendiri. Sebab, me time adalah waktu luang yang bisa anda habiskan untuk diri sendiri sekedar melakukan hobi atau sekedar berefleksi.

Me time juga dianggap efektif karena pada dasarnya masalah yang belum usai akan selalu berhubungan dengan kehadiran orang lain. Me time sangat bermanfaat untuk membuat diri anda lebih nyaman dan lebih rileks, hasilnya akan membuat kondisi mental anda kembali menjadi bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

memberikan infus untuk pasien DBD
Kesehatan Lifestyle

10 Cara Tepat Perawatan Pasien DBD

Merawat pasien DBD membutuhkan perhatian dan penanganan yang tepat, terutama dalam mengelola gejala yang serius. Salah satu aspek penting dalam perawatan adalah memberikan infus untuk pasien DBD, memberikan infus juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang tepat. Namun, apakah merawat pasien DBD di rumah adalah pilihan yang aman? Mari kita telaah lebih lanjut. Gejala DBD Sebelum […]

Read More
Service AC Kebayoran Baru
Lifestyle

Service AC Kebayoran Baru: Profesional, Terpercaya, dan Harga Terjangkau

Pada era modern ini, AC telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di daerah perkotaan seperti Kebayoran Baru di Jakarta Selatan. Namun, seperti perangkat lainnya, AC juga membutuhkan perawatan dan servis berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Di tengah maraknya penyedia jasa service AC kebayoran baru, Multi Jaya Service AC telah dikenal sebagai salah […]

Read More
kontraktor rumah
Lifestyle

Membangun Rumah Sendiri vs Menggunakan Jasa Kontraktor: Mana yang Lebih Baik?

Memilih antara membangun rumah sendiri atau menggunakan jasa kontraktor rumah merupakan keputusan penting yang harus dipertimbangkan dengan cermat oleh setiap calon pemilik rumah. Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, untuk menentukan mana yang lebih baik, perlu dipertimbangkan beberapa faktor secara seksama. Membangun Rumah Sendiri Membangun rumah sendiri seringkali menjadi pilihan bagi mereka […]

Read More