5 Cara Agar Bensin Awet dan Pengeluaran Tidak Membengkak!

Siapa sih yang tidak ingin memiliki mobil? Sebagian besar orang pasti menginginkannya. Apalagi ketika melihat adanya tawaran promo mitsubishi terbaru yang tentunya sangat menggoda. Namun, jika kamu memang benar-benar menginginkannya ada baiknya mengetahui terlebih dahulu biaya yang harus dikeluarkan setelah memiliki mobil, salah satunya yaitu terkait penyediaan bahan bakar.

Bahan bakar memang menjadi sesuatu yang vital karena merupakan salah satu sumber energi agar mobil Anda bisa berjalan. Mengingat pentingnya bahan bakar, banyak produsen mobil yang menggunakan berbagai teknologi agar konsumsinya dapat lebih hemat. Namun, Anda sendiri juga bisa semakin meminimalkan konsumsi bahan bakar pada mobil dengan beberapa cara berikut:

1.      Berkendara Sewajarnya

Cukup berkendara dengan kecepatan santai namun tetap konsisten, tidak perlu kebut-kebutan seolah menjadi kebanggaan seperti pembalap yang ada dalam area sirkuit. Hal ini akan membuat bensin lebih irit dan lebih aman untuk keselamatan.

2.      Rutin Cek Busi secara Berkala

Kualitas busi kendaraan harus selalu Anda cek secara rutin, karena kondisi busi yang tidak layak akan menyebabkan pembakaran bensin menjadi tidak maksimal. Hal ini meningkatkan jumlah bahan bakar yang Anda gunakan dan tentunya pengeluaran Anda bisa membengkak akibat boros bensin.

3.      Perhatikan Kualitas Oli pada Kendaraan

Oli sebagai pelumas untuk mencegah terjadinya gesekan antar komponen dalam mesin juga perlu Anda perhatikan kualitasnya. Pilihlah oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Jika salah memilih oli, bisa berdampak buruk terhadap mesin kendaraan sehingga bahan bakar yang diperlukan juga semakin banyak. Jika Anda tidak memahami tentang kualitas oli kendaraan, sebaiknya Anda bertanya pada ahlinya saat melakukan servis atau saat membeli kendaraan tersebut.

4.      Lakukan Servis secara Rutin

Hal penting yang harus Anda lakukan agar bensin awet adalah rutin servis kendaraan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui performa kendaraan maupun kondisi mesinnya. Apabila terdapat mesin yang kotor, ini bisa menjadi salah satu penyebab borosnya bahan bakar. Selain itu mungkin saja ada perangkat lain pada mesin yang perlu Anda ganti untuk lebih menghemat bensin.

5.      Periksa Tekanan Angin pada Ban

Angin pada ban kendaraan juga harus Anda periksa secara rutin karena hal tersebut akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Tekanan angin ban yang terlalu sedikit membuat ban lebih lunak dan menyebabkan tarikan kendaraan lebih berat dari biasanya. Jika tarikan berat, maka kendaraan akan berjalan semakin lambat di bawah kecepatan normal sehingga bahan bakar yang keluar lebih banyak.

Itulah 5 cara yang bisa Anda gunakan agar bensin awet sehingga pengeluaran untuk kendaraan tidak akan membengkak. Anda juga disarankan untuk menggunakan kendaraan secara bijak dan selalu lakukan perawatan kendaraan serta mesinnya. Cara tersebut juga bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Otomotif

Alasan Kamu Perlu Kredit Mobil Bekas

Kredit mobil bekas menjadi opsi pembayaran yang disukai oleh kebanyakan orang ketika ingin memiliki kendaraan sendiri. Meski metode pembayarannya bisa dicicil, mungkin kamu masih merasa bingung, apakah harus beli unit yang baru atau bekas. Memang akan ada rasa menyenangkan ketika bisa mendapatkan mobil baru. Tapi, kalau tahu total harga yang dikeluarkan, mungkin kamu akan berpikir […]

Read More
Otomotif

Daftar Harga Mobil Fortuner Terbaru

Perusahaan Toyota resmi merilis Fortuner terbaru dan ditawarkan dengan harga fortuner mulai Rp 590 jutaan. Akan tetapi, harga tersebut berlaku di Thailand sebagai negara pertama yang berkesempatan meluncurkan Fortuner 2020. Berapa Uang yang Harus Kita sediakan untuk membeli Mobil Fortuner? Pada Negeri Gajah Putih, Fortuner 2020 dimulai dari varian mesin diesel 2.4G dengan transmisi otomatis […]

Read More
Otomotif

Isuzu Traga Blind Van Siap Meluncur Kamis Esok

Setelah diperkenalkan perdana di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia Auto Show beberapa waktu lalu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memastikan diri akan segera meluncurkan kendaraan niaga ringan Isuzu Traga Blind Van di pasar Indonesia. Memantau akun facebook Isuzu Indonesia, Isuzu Traga Blind Van akan resmi diluncurkan secara virtual Kamis (21/10/2021) pukul 14.00WIB. Peluncuran kendaraan […]

Read More